MONITORING DAN EVALUASI MBKM MAGANG INDUSTRI LANGKAH UNTUK MENDAPATKAN MASUKAN LEBIH BAIK DARI STAKEHOLDER

Presdir PT Wilmax  Control System Batam Bapak Suyatno menerima kunjungan Ketua Gugus MBKM Institut Sains & Teknologi AKPRIND Aji Pranoto dalam pelaksanaan Monitoring dan Evaluasi MBKM magang industri pada Jumat, 9 Juni 2023. Perlu diketahui bahwa  ada 15 mahasiswa dari jurusan Teknik Mesin dan Teknik Elektro yang magang selama 6 bulan di Wilmax. Magang sudah berjalan selama kurang lebih 5 bulan, dan harus dilakukan evaluasi menyeluruh agar mendapat masukan yang lebih komprehenshif dari Industri.  Monev ke industri berfungsi untuk mengetahui kesesuaian antara perencanaan dan pelaksanaan kegiatan magang. Selain pelaksanaan monev, pada kesempatan yang sama juga dilakukan kunjungan lapangan oleh pembimbing yaitu Anak Agus Putu Susastriawan.

Setelah melaksanakan monev pak Suyatno berpesan bahwa jalinan antara Dunia Industri dengan Dunia Pendidikan harus erat agar menghasilkan kompetisi lulusan yang handal. Karena pada dasarnya yang menjadi kunci utama mendapatkan pekerjaan adalah adanya kesempatan pertama mahasiswa dalam memasuki dunia kerja. Setelah itu tergantung dari mahasiswanya mau terus meningkatkan kompetensinya atau mau dizona nyaman. Bila ingin meningkatkan kompetensi maka harus bekerja lebih keras dan tekun. Paling penting adalah attitude/karakter harus dijaga dengan baik. Karakter baik contohnya Jujur, dimana jujur tidak sekadar berkata yang sebenarnya namun bagaimana hidup dengan kejujuran. Berintegritas integritas menunjukkan kualitas dari seseorang, atau seberapa nilai seseorang. Tanggung Jawab, Disiplin, Optimis,  Rendah Hati, Rasa Hormat, dan Loyalitas.

Lebih lanjut Suyatno menekankan supaya lulusan IST AKPRIND kompetitif selain kemampuan kognitif yg dihasilkan dari kuliah, keterampilan teknis dari magang tidak kalah penting adalah bahasa Inggris harus dikuasai dengan baik minimal bisa bicara dan mengenalkan diri saat wawancara. Pihak Akprind  sangat mengapresiasi bahwa mahasiswa magang supaya bisa membantu Wilmax, sehingga terjalin win win solution antara kampus, industri dan mahasiswa. Apresiasi juga disampaikan Aji karena selama magang 6 bulan mahasiswa juga mendapatkan living cost dan penginapan gratis.