KUNJUNGAN DOSEN PEMBIMBING DALAM RANGKA MONITORING PELAKSANAAN MBKM MAGANG INDUSTRI DI PT. DURAQUIPT CEMERLANG, DEPOK, JAWA BARAT.

Badan Pengembangan Pendidikan dan Aktivitas Instruksional (BP2AI) dan Jurusan Teknik Mesin pada tanggal 13-14 Juni 2023 telah mengirimkan Ellyawan Seyo Arbintarso S.T., M.Sc. Ph.D untuk melakukan kunjungan dosen pembimbing dalam rangka monitoring pelaksanaan peserta MBKM Magang Industri di PT. Duraquipt Cemerlang. PT. Duraquipt Cemerlang berlokasi di Jl. Limo Raya No. 9 Depok Jawa Barat, merupakan perusahaan pembuat pompa industri, pemasok dan bengkel perbaikan pompa terbesar di Indonesia sejak tahun 2000. PT. Duraquipt Cemerlang telah memproduksi pompa berkualitas setara produk Jepang dan Amerika, dengan komponen lokal dari perusahaan nasional maupun lokal di Indonesia.

Teknik Mesin IST AKPRIND telah mengirimkan 5 (lima) mahasiswa untuk melakukan MBKM Magang Industri pada bulan Februari 2023. Kunjungan monitoring dan evaluasi diterima oleh Direktur PT. Duraquipt Cemerlang, Bapak Suharto yang juga merupakan alumni Teknik Mesin IST AKPRIND. Bapak Suharto sangat mendukung pelaksanaan program Magang Industri ini, untuk menyiapkan dan memberi pengalaman langsung bagi mahasiswa bekerja dan mengenal lingkungan industri sebenarnya. PT. Duraquipt Cemerlang memberlakukan proses rotasi kepada setiap mahasiswa magang pada minggu ke 3 atau 4 dialihkan pada divisi-divisi terkait, program ini bertujuan agar mahasiswa mengenal betul seluk beluk proses manufaktur pompa industry secara menyeluruh. Selain hal tersebut mahasiswa juga diharuskan melakukan presentasi setiap 2 bulan sekali, terkait kegiatan magang yang telah dilakukan.

Bapak Suharto juga mempersilahkan mahasiswa jika ingin melanjutkan kegiatan magang industri ini menjadi skripsi, dapat mengambil data dan melakukan penelitian di PT. Duraquipt Cemerlang. Selain itu beliau juga menjelaskan, untuk memenuhi kebutuhan internal, PT. Duraquipt Cemerlang telah membangun pabrik pengecoran baja di daerah Serua, Depok dengan luas 3 kali lebih besar dibandingkan pabrik yang sekarang. Beliau mempersilahkan mahasiswa magang untuk berkunjung dan mengenal proses pembuatan rumah pompa lebih seksama.