WORKSHOP TRAINING OF TRAINERS (ToT) PENGHITUNGAN CPL DAN CPMK DI INSTITUT SAINS & TEKNOLOGI AKPRIND

Capaian Pembelajaran merupakan kompetensi pembelajaran yang harus dicapai mahasiswa pada setiap fase perkembangan. Capaian pembelajaran memuat sekumpulan kompetensi dan lingkup materi yang disusun secara komprehensif. Capaian Pembelajaran Lulusan Prodi (CPL-Prodi) adalah kemampuan yang dimiliki oleh setiap lulusan Prodi yang merupakan internalisasi dari sikap, penguasaan pengetahuan dan keterampilan sesuai dengan jenjang prodinya yang diperoleh melalui proses pembelajaran. Capaian Pembelajaran ini nantinya akan menjadi tolok ukur program studi dalam mengukur ketercapaian profil lulusan yang dihasilkan. CPL yang dibebankan pada mata kuliah adalah beberapa capaian pembelajaran lulusan program studi (CPL-Prodi) yang digunakan untuk pembentukan/pengembangan sebuah mata kuliah yang terdiri dari aspek sikap, keterampilan umum, keterampilan khusus dan pengetahuan. Capaian Pembelajaran Mata Kuliah (CPMK) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari CPL yang dibebankan pada mata kuliah, dan bersifat spesifik terhadap bahan kajian atau materi pembelajaran mata kuliah tersebut. Sub-CP Mata kuliah (Sub-CPMK) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari CPMK yang dapat diukur atau diamati dan merupakan kemampuan akhir yang direncanakan pada tiap tahap pembelajaran, dan bersifat spesifik terhadap materi pembelajaran mata kuliah tersebut. Untuk itu, perlu dilaksanakan ToT Penghitungan CPL dan CPMK bagi dosen agar dosen dapat menghitung seluruh CPL dan CPMK mata kuliah yang diampu. Sehubungan dengan hal tersebut, maka seluruh dosen di lingkungan IST AKPRIND wajib memahami bagaimana cara mengukur CPMK yang diampu. Oleh karena itu, Badan Pengembangan Pendidikan dan Aktivitas Instruksional (BP2AI) akan melaksanakan pelatihan pengukuran CPL dan CPMK bagi dosen di lingkungan IST AKPRIND melalui kegiatan ToT.

Tujuan dari kegiatan ini adalah agar Dosen dapat mengukur ketercapaian CPMK yang diampu secara terinci, sedangkan program studi dapat mengukur ketercapaian CPL. Luaran yang dihasilkan adalah Dosen peserta pelatihan bisa membuat model pengukuran ketercapaian CPL dan CPMK sesuai dengan RPS mata kuliah yang diampu. Kegiatan dilaksanakan selama dua hari, yaitu pada tanggal 6-7 Juni 2023, bertempat di ruang sidang 1 kampus1 Institut Sains & Teknologi Akprind, Jl. Kalisahak 28 Balapan Yogyakarta.

Dalam sambutan pada saat membuka acara, Rektor Institut Sains & Teknologi Akprind Dr. Edhy Sutanta, S.T., M.Kom menyampaikan bahwa salah satu kewajiban dosen dalam Tri Dharma Perguruan Tinggi adalah bidang pengajaran, sehingga pembuatan RPS dan penghitungan ketercapaian CPL dan CPMK yang tertuang dalam Kurikulum dan RPS harus dilaksanakan oleh seluruh dosen. Kegiatan ini diikuti oleh para-Dekan (FTI, FTIB, FST dan FTM) , Direktur Program Pendidikan Vokasi sebagai pendamping fakultas dan program vokasi, para Ketua Jurusan dan dosen perwakilan yang ditunjuk oleh program studi sebanyak dua dosen per program studi dengan total peserta 45 orang. Narasumber dalam kegiatan ini adalah Kepala BP2AI Siti Saudah S.Pd., M.Hum, Kepala Pusat Pelatihan dan Pengembangan Pendidikan Aji Pranoto,S.Pd., M.Pd. serta Kepala Pusat Sarana dan Media Pembelajaran Erna Kumalasari Nurnawati S.T., M.T., CDS.