WORKSHOP CASE METHOD DAN TEAM BASED PROJECT BAGI DOSEN DI IST AKPRIND

Institut Sains dan Teknologi AKPRIND mengelar Workshop Perangkat Pembelajaran: Pengembangan Model Pembelajaran Case Method dan Team-Based Project. Acara dilakukan secara luring di ruang Auditorium IST AKPRIND Selasa 27 September 2027 dan dihadiri oleh semua dosen sebanyak 110. Sebagai pembicara adalah Prof. Slamet, Ph., MA., M.Ed., MLHR., Ph.D guru besar dari Universitas Negeri Yogyakarta.
Siti Saudah, S.Pd, M.Hum selaku kepala BP2AI menyatakan bahwa Melalui kegiatan workshop ini peserta mampu merancang metode pembelajaran menggunakan kedua metode tersebut. Case Method merupakan metode pembelajaran partisipatif berbasis diskusi untuk memecahkan kasus atau masalah. Penerapan metode ini akan membantu mahasiswa mengasah dan meningkatkan keterampilan berpikir kritis untuk memecahkan masalah, kemampuan berkomunikasi, berkolaborasi, dan kreativitas. Sedangkan, Team Based Project merupakan metode yang dibangun di atas kegiatan pembelajaran dan tugas nyata berbasis proyek yang memberikan tantangan bagi peserta didik yang terkait dengan kehidupan sehari-hari untuk dipecahkan secara berkelompok.
Sementara itu, saat membuka acara Rektor IST AKPRIND Dr. Edy Sutanta, ST., M.Kom., mengatakan bahwa dirinya turut bangga dengan Workshop yang digelar oleh BP2AI.
Sementara Prof. Slamet, selaku pembicara kunci mengatakan bahwa Intitusi yang kuat minimal harus dibangun dengan 1. team work yang kokoh, 2. Cerdas, 3. Dinamis dalam pekerjaan, 4. Harmonis, 5. Lincah. Dan dosen-dosennya harus terbiasa dengan membiasakan pekerjaan yang tidak biasa. Orang yang enak harus selalu segar dalam pikiran dan selalu sadar dalam hidup. Sedangkan Case Method dan PjBL merupakan model pembelajaran yang berbasis konstruktivisme, yaitu pembelajaran yang memberikan kesempatan kepada mahasiswa membangun pengetahuan mereka sendiri. Sedangkan, Team Based Project merupakan metode yang dibangun di atas kegiatan pembelajaran dan tugas nyata berbasis proyek yang memberikan tantangan bagi peserta didik yang terkait dengan kehidupan sehari-hari untuk dipecahkan secara berkelompok.

Foto Kegiatan