PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT DAN PENYERAHAN TEKNOLOGI TEPAT GUNA KE LEMBAGA PEMBERDAYAAN MASYARAKAT (LPM) DESA MADUREJO PRAMBANAN

Dalam rangka kegiatan Tri Dharma Perguruan Tinggi, tim dosen Institut Sains & Teknologi AKPRIND melaksanakan kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat (PkM) dan penyerahan Teknologi Tepat Guna (TTG) berupa Alat pencacah rumput kepada Lembaga Pemberdayaan Masyarakat (LPM) di Desa Madurejo, Kepanewonan Prambanan, Sleman Yogyakarta. Tim Dosen terdiri dari Ellyawan Setyo Arbintarso, Aji Pranoto dan Syafriyudin.

LMP Madurejo memiliki ternak sapi dengan luas lahan sekitar 500 meter persegi. Area ini digunakan warga sebagai lokasi kandang sapi milik warga dengan pengelolaan oleh warga dibawah koordinasi LPM dan Kepala Desa dengan hewan sapi lebih dari 50 ekor. Peternakan sapi tentunya banyak memerlukan rumput sebagai pakan ternak. Alat pencacah rumput tentu saja sangat diperlukan oleh peternak dalam menyiapkan pakan bagi ternak. Oleh sebab itu, bantuan TTG berupa alat pencacah rumput disambut gembira oleh masyarakat. Dalam sambutannya, sekretaris desa menyampaikan terimakasih dan rasa syukur atas bantuan alat tersebut. Disamping penyerahan alat tersebut, ketiga dosen memberikan pembekalan berupa bagaimana merawat mesin dan mengelola perlistrikan serta mengembangkan wirausaha bagi masyarakat.

Disamping itu, Erna Kumalasari Nurnawati dan Siti Saudah juga memberikan pembekalan dalam pembuatan press release dan pengelolaan website desa. Pelatihan diberikan kepada tim pengelola website desa. Kegiatan ini dirasakan bermanfaat bagi pengelola.