BIMTEK PENYUSUNAN RPS DAN PENGHITUNGAN CPL-CPMK MATAKULIAH BAGI DOSEN BARU DI LINGKUNGAN IST-AKPRIND

Rencana Pembelajaran Semester(RPS) merupakan

Rencana Pembelajaran Semester (RPS) adalah dokumen perencanaan pembelajaran selama satu semester yang disusun sebagai panduan untuk mahasiswa dalam melaksanakan kegiatan perkuliahan pada semester tersebut untuk mencapai capaian pembelajaran yang telah ditetapkan. Sebuah RPS ditetapkan dan dikembangkan oleh dosen secara mandiri atau kelompok suatu bidang ilmu pengetahuan dan/atau teknologi di dalam jurusan. RPS dapat disesuaikan secara berkala mengikuti perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi.

Sebagai dosen baru, maka diperlukan kemampuan dosen dalam pembuatan Rencana Pembelajaran Semester (RPS) untuk seluruh mata kuliah yang diampu. Oleh sebab itu, maka perlu dilakukan pelatihan pembuatan RPS agar dosen-dosen baru dapat membuat RPS sesuai ketentuan. Sedangkan pada akhir semester, ketercapaian CPL pada CPMK mata kuliah harus diukur untuk mengetahui seberapa besar serapan materi dan capaian dari mahasiswa.

Pada hari Selasa, 28 November 2023 dilaksanakan acara Bimtek Penyusunan RPS dan Penghitungan CPL-CPMK bagi dosen baru di Institut Sains & Teknologi Akprind yang diselenggarakan oleh BP2AI. Acara bimtek diikuti oleh 11 dosen baru dari program studi Teknik Geologi (1 orang), Program Vokasi Teknologi Mesin (1 orang), Teknik Kimia (1 orang), Statistika (1 orang), Bisnis Digital (1 orang) dan Manajemen Ritel (5 orang). Acara diawali dengan sambutan dan pembukaan oleh Wakil Rektor Bidang Akademik Dr. Ir.Toto Rusianto, M.T. Sedangkan pemateri diberikan oleh Siti Saudah S.Pd., M.Hum (Penetapan CPMK- Sub CPMK), Aji Pranoto S.Pd., M.Pd. (Penilaian pada RPS) dan Erna Kumalasari Nurnawati S.T., M.T., CDS (Penghitungan CPL-CPMK).