BIMBINGAN TEKNIS DAN PELATIHAN ASESOR HIBAH REKOGNISI PEMBELAJARAN LAMPAU (RPL) Tipe A tahun 2023 INSTITUT SAINS & TEKNOLOGI AKPRIND 27-28 JULI 2023

Dalam rangka mendukung implementasi Peraturan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Nomor 41 Tahun 2021 tentang Rekognisi Pembelajaran Lampau, Direktorat Pembelajaran dan Kemahasiswaan, Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, Riset, dan Teknologi memfasilitasi Perguruan Tinggi dalam bentuk Program Bantuan Pemerintah Penyelenggaraan Rekognisi Pembelajaran Lampau (RPL) Tahun 2023. Melalui program bantuan RPL, diharapkan Perguruan Tinggi sebagai penyelenggara lebih siap untuk implementasi program RPL sesuai dengan ketentuan yang berlaku sehingga dapat meningkatkan akses keterjangkauan pendidikan tinggi dan sejalan dengan tujuan pembelajaran sepanjang hayat yang diamanatkan oleh undang-undang.

Institut Sains & Teknologi Akprind berhasil mendapatkan hibah Rekognisi Pembelajaran Lampau (RPL) dari Direktorat Pembelajaran dan Kemahasiswaan, Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, Riset, dan Teknologi melalui SK Nomor 1781/E2/DT.00.05/2023 sebagai salah satu dari 58 Perguruan Tinggi penerima hibah RPL tipe A pada tahun 2023.

Terkait dengan hal tersebut, Tim Hibah RPL Institut Sains & Teknologi Akprind dengan Ketua Program Siti Saudah, Erna Kumalasari Nurnawati (Koordinator Sistem Informasi dan Keuangan), Aji Pranoto (Koordinator Pelaksanaan Pelatihan dan Humas), Febriani Astuti (Koordinator Perangkat Assesment dan Administrasi Hibah) dan Mukasi Wahyu Kurniawati (Koordinator Pelaksanaan Assesment) beserta tim pendukung mengikuti Bimbingan Teknis Pelaksanaan Hibah RPL dan Pelatihan Asesor lima program studi penerima hibah (Teknik Kimia, Teknik Industri, Teknik Mesin, Teknik Elektro dan Statistika) yang dilaksanakan pada hari Jumat-Sabtu, 27-28 Juli 2023 di Prime Plaza Hotel Yogyakarta dengan narasumber Dr. Drs. Ludfi Djajanto, MBA dari Politeknik Negeri Malang yang memberikan materi terkait penyiapan dokumen akademik, buku panduan RPL dan pelaporan hibah dan Ir. Hudoyo Firmanto, M.Sc., Ph.D.  dari Universitas Surabaya (UBAYA) yang memberikan materi pelatihan assesment kepada calon Asesor RPL program studi.  Acara Bimtek dibuka oleh Rektor Institut Sains & Teknologi Akprind Dr. Edhy Sutanta, S.T., M. Kom yang menyampaikan terima kasih kepada para pembicara atas terlaksananya kegiatan Bimtek dan para pelaksana hibah RPL Institut Sains & Teknologi Akprind yang telah bekerja keras dalam menyusun proposal hingga mendapatkan pendanaan dan melaksanakan hibah RPL pada tahun 2023.