PENANDATANGANAN HIBAH BUKU AJAR BP2AI TAHUN 2022

Buku ajar menjadi sumber bacaan yang cukup sering dipakai dalam dunia pendidikan. Tidak hanya di pendidikan sekolah tapi juga pendidikan tinggi. Mahasiswa dan dosen menggunakan buku ajar sebagai penunjang untuk mempelajari materi.  Buku ajar berpengaruh signifikan untuk mahasiswa dalam menyerap informasi dan pengetahuan terkait bidang ilmu yang dipelajari. Pengertian Buku Ajar Secara umum, menurut Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi atau Dikti, pengertian buku ajar adalah buku yang dijadikan pegangan untuk mata kuliah yang disusun dan  ditulis oleh pakar di bidangnya. Tentu saja, di dalam buku ajar tersebut harus memuat bidang yang memenuhi buku teks serta diterbitkan secara resmi dan disebarluaskan. Selain itu, pengertian buku ajar juga bisa dipahami sebagai buku pelajaran dalam bidang studi tertentu yang merupakan buku standar yang disusun oleh pakar dalam bidangnya. Maksud disusunnya pengertian buku ajar harus memuat maksud dan tujuan instruksional yang juga dilengkapi dengan sarana pengajaran yang mudah dipahami.

Hibah buku ajar merupakan kegiatan rutin dari Badan Pengembangan Pendidikan dan Aktivitas Instruksional (BP2AI) Institut Sains & Teknologi AKPRIND yang dilaksanakan setiap tahun. Kegiatan ini diharapkan dapat untuk memotivasi para dosen agar selalu meneliti dan terus menulis, khususnya menulis buku ajar. Diharapkan, buku ajar yang dihasilkan akan bersinergi dengan kegiatan penelitian dan pengabdian masyarakat yang dilaksanakan oleh dosen.

Pada tahun 2022, BP2AI memberikan hibah buku ajar terhadap 10 (sepuluh) judul buku dari dosen-dosen di lingkungan IST AKPRIND. Adapun jumlah penulis yang terlibat adalah lima belas dosen dari berbagai program studi, yaitu Teknik Kimia, Teknik Industri, Teknik Mesin, Teknik Elektro, Informatika, Bisnis Digital, Rekayasa Sistem Komputer, Teknik Lingkungan, Statistika dan Teknik Geologi. Penandatanganan kontrak dilaksanakan pada Kamis, 7 Juli 2022. Diharapkan, para dosen akan dapat menyelesaikan buku mereka pada akhir November 2022. Nantinya, buku ajar akan didaftarkan ISBN dan diterbitkan oleh Akprind Press.

NoNamaProgram StudiJudul
1Muhammad Sholeh, S.T., M.T.InformatikaPemrograman Terstruktur dengan Menggunakan Python
2Dra. Dwi Setyowati, M.T.Rekayasa Sistem KomputerMetode Numerik
3Ellyawan Setyo Arbintarso, S.T., M.Sc., Ph.D.Teknik Mesin S1Pemilihan Bahan dan Proses: Pendukung Capstone Desain
4Rokhana Dwi Bekti, S.Si., M.Sc.StatistikaPengantar Runtun Waktu
5Eka Sulistyaningsih, S. Si., M.Sc.Teknik Industri S1Material Teknik
6Dr. Samuel Kristiyana, S.T., M.T.Teknik ElektroAntena dan Perambatan Gelombang
7Desi Kiswiranti, S.Si., M.SC.Teknik GeologiGeokimia untuk Eksplorasi Panas Bumi
8Eska Almuntaha, S.E., M.Sc., Ak.Bisnis DigitalPengantar Akuntansi: Pendekatan untuk Digital Business
9Dr. Dra Suparni Setyowati Rahayu, M.Si.Teknik LingkunganTeknologi Bioenergi dari Sampah Organik
10Ani Purwanti, S.T., M. Eng.Teknik KimiaKinetika Reaksi Katalis
Daftar Penerima Hibah Buku Ajar 2022
Penjelasan Hibah Buku Ajar 2022

Suasana Penandatanganan Kontrak Hibah Buku Ajar