Pelatihan Pembuatan Video Konten dan Optimalisasi Penggunaan Media Zoom guna Mendukung Pembelajaran Daring di LMS

Pelatihan Pembuatan Video Konten dan Optimalisasi Penggunaan Media Zoom guna Mendukung Pembelajaran Daring di LMS

Seiring berkembangnya zaman, terutama dalam hal teknologi, semakin banyak pula keuntungan yang bisa didapatkan apabila kita bisa mengimbanginya. Saat ini, terutama di tengah pandemi COVID-19, proses belajar mengajar pun jadi turut berubah. Mengutip Arsyad dalam buku karya Rusman, dkk (2011) yang berjudul Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi: Mengembangkan Profesionalisme Dosen, video adalah serangkaian gambar bergerak disertai suara, yang membentuk kesatuan lalu dirangkai menjadi alur dan punya pesan-pesan di dalamnya. Untuk itu, sesuai dengan arti videonya sendiri, video pembelajaran bisa berarti serangkaian bahan ajar yang diberikan melalui tayangan gambar bergerak disertai suar, alur, dan pesan-pesan. Zaman dulu, membuat video pembelajaran masih terbilang cukup sulit karena membutuhkan alat-alat khusus seperti handycam, kaset atau VCD, kemudian saat diputar pun harus menggunakan peralatan VTR atau VCD player. Beruntungnya, zaman sekarang sudah tidak sesulit itu. Bila tidak punya kamera digital, cukup gunakan media seperti smartphone, rekam, dan unggah ke portal belajar online atau Youtube. Sangat mudah dan simple, bukan?

LMS adalah Learning Manajemen System untuk mendukung proses pembelajaran di IST AKPRIND secara online pada mahasiswa di laman https://lms.akprind.ac.id/  Berdasarkan masukan dan survai ditemukan bahwa mahasiswa masih merasa belum puas dengan tampilan LMS yang diposting oleh Dosen. Berdasarkan temuan ini maka BP2AI melalui kepala pelatihan dan pengembangan Pendidikan merasa perlu untuk melalukan work shop TOT pembuatan konten video pembelajaran dan optimalisasi penggunaan pembelajaran melalui  zoom meeting agar lebih menarik.

Luaran yang dihasilkan adalah Dosen peserta pelatihan bisa membuat konten video pembelajaran yang dibuat sendiri yang diupload pada LMS dan melakukan pebelajaran lewat zoom yang menarik. Bagi dosen akan lebih memberikan nuansa yang bagus untuk pelayanan prima dalam pembelajaran online lewat LMS. Bagi Mahasiswa akan meningkatkan semangat belajar dan mengikuti proses pembelajaran online dengan baik dan semangat.

Pelatihan dilaksanakan pada Senin, 27 September 2021 secara luring dengan menerapkan protokol kesehatan. Nara sumber pada pelatihan ini adalah Masruhan Mufid, S.Pd., M.Kom, yang banyak dikenal sebagai pembuat konten-konten pembelajaran di Youtube dengan nama channel Mufid Masruhan yang telah memiliki subscriber 117.000 dan telah mengunggah 445 video (per 27 September 2027). Adapun materi pada pelatihan ini meliputi pembuatan video sederhana menggunakan Windows Player, menggunakan sarana recording di Power Point, membuat video dengan Fastone dan Bandicam. Diharapkan pelatihan ini dapat meningkatkan kualitas dan kuantitas konten video pembelajaran di laman LMS IST AKPRIND.

Suasana Pelatihan (ekd/27/09/2021)